Categories: Ekonomi

Jasa Raharja Babel Sosialisasikan Keselamatan Berkendara di SMAN 1 Damar Kabupaten Belitung Timur

TerabasNews, Pangkalpinang (14/3) – PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung bersama Satlantas Polres Belitung Timur menggelar sosialisasi tata tertib administrasi kendaraan bermotor dan keselamatan berkendara kepada Siswa-siswi SMAN 1 Damar Kabupaten Belitung Timur.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung, Arny Irawati Tenriajeng menyampaikan sosialisasi ini bertujuan memberikan edukasi kepada para pelajar tentang bagaimana berkendara dengan tertib sesuai aturan dan berorientasi pada keselamatan.

“Jasa Raharja merupakan badan usaha yang di amanatkan Undang-undang untuk menyerahkan santunan bagi korban kecelakaan angkutan umum dan lalu lintas angkutan jalan, selain itu kami juga diberikan tugas untuk turut serta dalam upaya pencegahan kecelakaan, dan salah satu bentuk upaya kami dalam menurunkan angka kecelakaan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang keselamatan berkendara, seperti yang kami laksanakan bersama Satlantas Polres Belitung Timur ini kepada adik-adik pelajar dari SMAN 1 Damar ini” ujarnya.

Arny menambahkan poin pertama yang di sampaikan hari ini adalah bagaimana mengedukasi para pelajar untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara, selalu menaati peraturan lalu lintas, untuk menghindari kecelakaan. “Perlu kami sampaikan berdasarkan data penyerahan santunan PT Jasa Raharja di awal triwulan ke 3 tahun 2023 ini kenaikan santunan sudah mencapai lebih dari 60% dibanding tahun lalu, dan yang menjadi korban kecelakaan 74% diantaranya berada dalam usia produktif, dan paling banyak di rentang usia 15-24 tahun, sedangkan berdasarkan profesinya lebih dari 33% nya merupakan pelajar, sehingga kegiatan ini menjadi sangat penting untuk memberikan edukasi kepada adik-adik pelajar agar selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara” kata Arny.

Arny menambahkan selain mengedukasi tentang keselamatan berkendara, pihaknya juga menyampaikan untuk selalu tertib dalam berlalu lintas termasuk dalam kelengkapan administrasinya. “Hari ini kami juga sampaikan tentang tata tertib dalam berlalu lintas, khususnya tentang kelengkapan administrasi saat berkendara, yakni untuk melengkapi SIM dan membayar pajak kendaraan tepat waktu” kata Arny.

Arny menjelaskan fungsi pembayaran pajak ini sangat penting, karena sangat berpengaruh terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, pembangunan dan pemeliharaan jalan, serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum. Komponen lain yang memiliki peranan penting dalam pajak kendaraan bermotor adalah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). “SWDKLLJ ini pengutipannya dilakukan oleh Jasa Raharja, sebagai upaya negara untuk memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat, khususnya korban kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan atau tertabrak kendaraan. Sehingga, biaya perawatan korban ditanggung oleh negara melalui peran Jasa Raharja” tambahnya.

“Kami juga sampaikan bahwa tahun ini akan segera dilakukan implementasi Undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 74 tentang penghapusan data kendaraan bermotor, sehingga nantinya kendaraan yang tidak membayar pajak sekurang-kurangnya 2 tahun sejak habis masa berlaku STNK maka datanya akan dihapus dari Korlantas Polri” kata Arny.

Arny menjelaskan saat ini Pembina Samsat Provinsi Babel secara masif melakukan sosialisasi sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat di Bangka Belitung telah mengetahui hal tersebut. “Kebijakan ini akan segera dilaksanakan, pengiriman surat peringatan pertama dijadwalkan akan dilaksanakan mulai triwulan I tahun 2023, kami harap masyarakat dapat segera melakukan pembayaran pajak, guna menghindari sanksi penghapusan kendaraan bermotor,” jelas Arny.

Arny menjelaskan nantinya kendaraan yang sudah dihapuskan dari data Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri tidak dapat di registrasi kembali dan tidak boleh digunakan dijalan.

“Jangan sampai kendaraan kita dihapus dari database Korlantas Polri, kami mengingatkan kepada masyarakat agar segera melakukan pembayaran pajak demi menghindari penghapusan data kendaraan bermotor ini,” tutup Arny.

TerabasNews

Recent Posts

Jika Terpilih Erzaldi-Yuri Akan Sediakan Fasilitas Tranportasi Berupa Bus Gratis Bagi Pelajar

TerabasNews, PANGKALPINANG - Kabar baik kini hadir bagi seluruh para siswa-siswi yang ada di Provinsi…

15 hours ago

DLH Basel, Siapkan Mobil Angkut Sampah Dalam Kegiatan Gotong Royong di Pantai Toboali

TerabasNews, Bangka Selatan- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selalu…

19 hours ago

Pjs Bupati Basel, Kunjungi Langsung Benteng Toboali, Ini Yang di Sampaikan

TerabasNews, Bangka Selatan- Dalam Rangka Memperingati hari jadinya Kota Toboali ke 316, Pemerintah kabupaten Bangka…

19 hours ago

Ulang Tahun Toboali ke 316, (Dishub) Basel, Ikut Serta Gotog Royong di Laut Nek Aji Toboali

TerabasNews, Bangka Selatan- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangka Selatan ikut serta dalam melakukan kegiatan Gotong…

19 hours ago

TP PKK Kep Babel Lakukan Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan 2024 di Bangka Tengah

TerabasNews, KOBA - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep.…

21 hours ago

Pj Ketua TP PKK Kep. Babel Dya Sugito Sanjung Kader Muda PKK Bangka Barat

TerabasNews, MENTOK-Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel untuk wilayah Kabupaten…

22 hours ago