PLN WILAYAH BABEL SIAPKAN 404 PERSONEL SIAGA 24 JAM

By Hendrawansyah 28 Jun 2016, 22:00:58 WIBEkonomi

PLN WILAYAH BABEL SIAPKAN 404 PERSONEL SIAGA 24 JAM

Keterangan Gambar : Agus Yuswanta selaku Deputi Manager Hukum-Humas PT PLN Wilayah Bangka Belitung saat memberi sambutan kepada awak media. (hendra)


TerabasNews.com - PT PLN Wilayah Bangka Belitung pada H-7 dan H+7 hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah akan menyiapkan sebanyak 404 personel siaga 24 jam di wilayah itu.

Agus Yuswanta selaku Deputi Manager Hukum-Humas PT PLN Wilayah Bangka Belitung di Pangkalpinang, Selasa, mengatakan personel tersebut terdiri dari 184 petugas siaga pada sistem pembangkitan dan 220 petugas jaringan pada sistem transmisi, gardu induk dan distribusi.

"Personel siaga tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi dan percepatan pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik," Ujarnya

Agus mengatakan, untuk meminimalisir padam, pada sisi pembangkit PLN telah melaksanakan pemeliharaan agar mesin beroperasi lebih optimal. Dari sisi ketersediaan bahan bakar, pasokan BBM rata-rata cukup untuk 37 hari, sedangkan Batubara cukup untuk 44 hari.

"Untuk memperkuat pasokan listrik di Koba dan Toboali, PLN melakukan penambahan mesin PLTD 4x1,3 MW di Koba. Empat mesin PLTD ini didatangkan dari Pangkalpinang sejak Jumat (17/6) dan keempat mesin tersebut mulai beroperasi penuh pada Senin (28/6)," katanya.

Sementara, pada sisi transmisi, gardu induk dan distribusi PLN telah melakukan perambasan pohon dan pemeliharaan jaringan guna meminimalisir adanya gangguan.

Sedangkan untuk mempercepat pemulihan apabila terjadi gangguan aliran listrik, PLN menyiapkan posko layanan yang tersebar disembilan kabupaten/kota meliputi posko "distrbution control center" Bangka dan Belitung, posko rayon Pangkalpinang, Sungailiat, Muntok, Koba, Toboali, Tanjung Pandan dan Manggar.

"Kami juga menyiapkan sarana pendukung lainnya yakni 27 unit kendaraan pelayanan teknik, delapan unit trafo mobil, dua unit mobil genset dan beragam genset berkekuatan mulai dari 1-125 kVA," terangnya.

Agus Yuswanta mengatakan personel yang ditempatkan di instalasi vital meliputi rumah dinas gubernur, rumah dinas bupati/wali kota, kantor instalasi Militer dan Polri, kantor Pemda dan rumah sakit.

"Para personel siaga tersebut akan disiagakan di instalasi vital, pusat transportasi, tempat ibadah serta pusat keramaian dan hiburan," katanya.

Sedangkan untuk pusat transportasi meliputi Bandara Depati Amir, Pelabuhan Pangkalbalam, Pelabuhan Tanjung Kalian, Teminal Selindung, Bandara H.AS. Hanandjoedin, Pelabuhan Tanjungpandan dan Terminal Tanjungpandan.

"Sementara untuk tempat ibadah yakni lokasi yang melaksanakam sholat Idul Fitri. Sedangkan untuk pusat keramaian dan hiburan meliputi Alun-alun Taman Merdeka, Pantai Pasir Padi, Parai, Tanjung Pesona, Tanjungpendam dan Lapangan Merdeka," ujarnya.

Ia mengatakan, mengenai beban puncak saat Idul Fitri 2015 pada sistem Bangka sebesar 113 MW dan Belitung 30 MW. Sedangkan pada Juni 2015 beban puncak sebesar 125 MW di Bangka dan 35 MW di Belitung.
Sementara pada Mei 2016 beban puncak mencapai 137 MW pada sistem Bangka dan 37 MW pada sistem Belitung. Maka diprediksi beban puncak saat Idul Fitri 1437 Hijriah pada sistem Bangka sebesar 123 MW dan sistem Belitung sebesar 31 MW.

"Beban puncak cenderung turun karena sejak H-4 perkantoran dan sebagian pelanggan bisnis sudah mulai libur," katanya.

Dikatakannya, menjelang lebaran PLN tidak akan melakukan pemeliharaan rutin jaringan yang memerlukan penghentian sementara aliran listrik.

"Apabila terjadi padam, maka dipastikan hal tersebut karena adanya gangguan. Oleh sebab itu segera hubungi layanan 24 jam PLN Contact Center (0717)123," ujarnya. (hendra)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook