Gubernur Babel Motivasikan Petani Lada Desa Petaling

By Hendrawansyah 08 Des 2018, 21:09:28 WIBAdvetorial

Gubernur Babel Motivasikan Petani Lada Desa Petaling

Keterangan Gambar : Gubernur Erzaldi Rosman bersam petani Lada di Desa Petaling Bangka. (foto/ist)


TerabasNews – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, kembali memberikan motivasi kepada para Petani Lada yang ada di desa Petaling Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, Jumat 7/12.

Gubernur mengajak agar para Petani khususnya yang ada di Desa Petaling untuk memperbaiki dan selalu mencari akal agar bisa lepas dari pengaruh yang mengganggu pikiran Petani selama dalam berkebun lada, terutama disaat harga lada sedang turun.

“Saat harga lada turun, bagaimana Petani tetap semangat menanam lada. Di Vietnam, walau kondisi harga sedang tidak baik, mereka tetap semangat menanam lada. Petani lada di vietnam dalam sehektar se tahunnya mampu menghasilkan lada sebanyak 3 ton. Berbeda dengan di Bangka Belitung, setahun se hektar rata-rata hanya menghasilkan 400 kilo,” ujar Gubernur.

Ia mengatakan bagaimana mulai sekarang menanam lada yang baik dan benar, bibit yang bagus, pupuk yang benar supaya dapat cara yang terbaik dan menghasilkan hasil yang baik pula

Dijelaskan Gubernur, di Vietnam, Petani disana mereka dalam menanam Lada benar-benar memperhatikan kualitas bibit Lada yang akan di tanam. Kemudian, diikuti dengan pupuk yang alami, tanpa menggunakan pupuk kimia.

“Dengan bibit yang berkualitas didukung pupuk alami, dan cara menanam, memelihara dengan benar, serta kesabaran para petani, maka di vietnam mampu menghasilkan produksi sahang yang banyak dan kualitas baik,” ujarnya.

Bahkan di Vietnan, ditambahkan Gubernur, lada yang ditanam hingga berusia hingga 15 tahun, dangan ketinggian junjung hingga 12 meter. "Beda dengan kita di Babel, lada kita hanya mampu hidup hingga 2 tahun, dan tinggi junjungnya hanya 3-4 meter. Itu karena salah satunya, selama ini petani kita banyak menggunakan bibit lada palsu, ditambah pupuk bukan yang alami, dan cara menanam yang belum pas," ujar Gubernur.

Di tempat ini, Gubernur juga meminta kepada para Petani untuk mengajukan bantuan bibit lada ke Pemprov Bangka Belitung. Karena tahun depan ada jutaan bibit lada gratis berkualitas yang disediakan Pemprov.

Hanya saja, ditegaskan Gubernur, bibit lada gratis dan unggul sebanyak 500 bibit untuk satu orang atau satu rumah itu, tidak boleh dijual, melainkan untuk ditananam dan dikelola sendiri oleh masyarakat petani.

Usai memberikan arahan dan motivasi kepada para Petani, dalam kegiatan yang turut dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra merangkap Plt Kepala Dinas Pertanian Bangka Belitung, Yulizar, dan Dewan Riset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu, Gubernur menyerahkan Kolam Perendaman, Pondok Pencucian, dan Lantai Penjemuran Lada hasil riset Dewan Riset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kemenristek dan Perguruan Tinggi.

Kemudian, Gubernur Erzaldi juga menyaksikan secara langsung sekilas bagaimana cara pencucian lada menggunakan alat yang dihasilkan kelompok tani, dibawah binaan Dewan Riset Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.(rill/Adv)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook