UBB dan Pemkab Bateng Gelar Simposium Peradaban, Edukasi Cegah Perkawinan Usia Anak

TerabasNews, KOBA – Dalam rangka menurunkan angka perkawinan anak di Indonesia sekaligus mengantisipasi dampak negatif akibat perkawinan di bawah umur, digelarlah Simposium Peradaban dengan mengusung tema Edukasi Cegah Perkawinan Usia Anak: Membangun Kesadaran GEMS (Generasi Emas), di Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (29/08/2024).

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Tim MBKM Proyek Independen UBB dengan Kemenag, DPPKBPPPA, serta Forum Anak Kabupaten Bangka Tengah.

Dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, yang menjadi keynote speaker pada kegiatan yang membahas mengenai edukasi tentang bahaya atau dampak perkawinan anak ini.
“Pada hari ini kita melakukan Simposium Peradaban ‘Edukasi Cegah Perkawinan pada Usia Anak’ dengan maksud dan tujuan supaya anak-anak kita memiliki resiliensi (daya juang) yang tinggi, sehingga dalam menghadapi permasalahan anak kita mempunyai perisai yang kuat untuk menghadapi semua permasalahan tersebut sehingga tidak akan mudah terjerumus dalam hal-hal negatif yang mengarah kepada perkawinan pada usia anak,” ungkap Bupati dalam sambutannya.

Ia juga berharap, kegiatan ini dapat mengubah pola pikir anak-anak sehingga memiliki pemikiran yang visioner, mempunyai jiwa dan semangat yang kuat, dan ‘mental baja’ untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Selain itu, pada kegiatan ini Dr. Derita Praptirahayu, S.H., M.H. selaku Dekan Fakultas Hukum UBB juga turut memberikan welcome speech, sedangkan narasumbernya yakni Kepala Kemenag Bateng, H.M. Karyawan, S.Ag., Kepala DPPKBPPPA, dr. Dede Lina Lindayanti, M.K.M., serta Kepala Dinkes Bateng, Zaitun, S.Si., Apt., M.P.H.

Penulis: Onie R. Bana

TerabasNews

Recent Posts

Jika Terpilih Erzaldi-Yuri Akan Sediakan Fasilitas Tranportasi Berupa Bus Gratis Bagi Pelajar

TerabasNews, PANGKALPINANG - Kabar baik kini hadir bagi seluruh para siswa-siswi yang ada di Provinsi…

19 hours ago

DLH Basel, Siapkan Mobil Angkut Sampah Dalam Kegiatan Gotong Royong di Pantai Toboali

TerabasNews, Bangka Selatan- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selalu…

23 hours ago

Pjs Bupati Basel, Kunjungi Langsung Benteng Toboali, Ini Yang di Sampaikan

TerabasNews, Bangka Selatan- Dalam Rangka Memperingati hari jadinya Kota Toboali ke 316, Pemerintah kabupaten Bangka…

23 hours ago

Ulang Tahun Toboali ke 316, (Dishub) Basel, Ikut Serta Gotog Royong di Laut Nek Aji Toboali

TerabasNews, Bangka Selatan- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangka Selatan ikut serta dalam melakukan kegiatan Gotong…

23 hours ago

TP PKK Kep Babel Lakukan Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan 2024 di Bangka Tengah

TerabasNews, KOBA - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep.…

1 day ago

Pj Ketua TP PKK Kep. Babel Dya Sugito Sanjung Kader Muda PKK Bangka Barat

TerabasNews, MENTOK-Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel untuk wilayah Kabupaten…

1 day ago